Profil SMAN 2 Menggala

 


Nama Sekolah             : SMAN 2 Menggala                 

Kecamatan                  : Menggala

Kabupaten                   : Tulang Bawang

Propinsi                       : Lampung

 

1.      Visi, Misi, dan Tujuan Sekolah:

 

Visi SMAN 2 Menggala:

Unggul dalam prestasi dan karya serta berahlak mulia yang bertumpu pada agama dan budaya Lampung.

 

Indikator-indikator  visi sekolah adalah :

1.         Terwujudnya pengembangan ketrampilan dalam berkarya/ beramal.

2.         Terwujudnya kedisiplinan dalam setiap pekerjaan.

3.         Terwujudnya penggalangan dan untuk  mencapai keunggulan prestasi

4.         Terwujudnya budaya  bangsa berdasarkan  lingkungan.

5.         Terwujudnya pengamalan dan pengamalan keagamaan yang berdasarkan Keimanan.

6.         Terwujudnya sarana dan prasarana berbasis teknologi Informasi.

 

Misi SMAN 2 Menggala:

1.      Menciptakan lingkungan  pembelajaran yang kondusif dalam upaya meningkatkan prestasi dan karya

2.      Menumbuh kembangkan semangat keunggulan dan berahlak mulia kepada para peserta didik, guru dan karyawan sehingga berkemauan kuat untuk berprestasi dan berkarya

3.      Meningkatkan profesionalime dan kesejahteraan  seluruh tenaga pendidik dan kependidikan.

4.      Mengembangkan dan melestarikan budaya Lampung dalam pergaulan di lingkungan sekolah dan sekitarnya.  

 

Tujuan Sekolah:

1.      Mempersiapkan peserta didik agar menjadi manusia yang berahlak mulia, dapat berprestasi dan berkarya dalam bidang akademik, seni dan budaya.

2.      Meningkatkan mutu pembelajaran sehingga prestasi belajar siswa semakin baik dan lulusannya yang melanjutkan ke  perguruan tinggi semakin banyak

3.      Melengkapi dan mengembangkan sarana dan prasarana pembelajaran di sekolah untuk mendukung peningkatan mutu pembelajaran

4.      Membekali peserta didik agar memiliki kebanggaan terhadap budaya Lampung serta mampu mengembangkan diri secara mandiri.

 

 

  1. Sarana/Prasarana Kebutuhan Sekolah:

a.         Aspek Peningkatan managemen Sekolah

1)        Meningkatkan kemampuan tenaga kependidikan melalui pelatihan.

2)        Meninkatkan kwalitas kinerja  tenaga tata laksana / tata usaha.

3)        Kelengkapan dan keteraturan arsip sekolah.

4)        Kerjasama yang positif antartenaga kependidikan..

5)        Menjalin kemitraan denga lembaga,intansi dan masyarakat untuk kemajuan kependidikan.

b.        Aspek pengembangan Kurikulum dan Sistim Pengujian

1)            Menyusun silabus pembelajaran mempersiapkan pelaksanan KBK.

2)            Meningkatkan kemampuan guru melalui MGMP serumpun.

3)            Meningkatkan kegiatan pratikum menuju life skill.

4)            Pengembangan perangkat dan instrumen evaluasi mata pelajaran.

c.         Aspek Pembinaan Kesiswaan

1)            Peningkatan kedisiplinan dan ketagwaan.

2)            Pembinaan dan peningkatan prestasi olah raga : Voly, Sepakbtola, futsal, pencak silat dan Badminton, seni tari seni music seni dance.

3)            Peningkatan tertib upacara bendera dengan membentuk tim paskibra inti puta dan putri.

4)            Membekali ketrampilan dan kemampuan mengoperasikan media pendidikan/komputer.

d.        Aspek Pengembangan Sarana/Prasarana:

1)            Pembangunan Ruang Kelas dan Laboratorium Biologi.

2)            Peningkatan daya tampung melalui penambahan ruang kelas.

3)            Pemeliharaan dan perawatan sarana/prasarana sekolah.

 

e.         Aspek pengembangan Ketenagaan/Personalia:

1)            Penambahan guru mata pelajaran.

2)            Penggantian tenaga kebersihan  (1 orang).

3)            Penambahan SATPAM menjadi 2 orang.

 

3.      Aspek lainya:

1.      Mendukung pelaksanaan program pembelajaran yang mengacu kepada Pendidikan berbasis Budi Pekerti dan Karakter.

2.      Mengikut-sertakan perserta didik dalam setiap kesempatan (event) melalui:

a.       Lomba MTQ , dan bidang keagamaan lainnya,

b.      Turnamen berbagai bidang olahraga.

c.       Lomba KIR, Karya Tulis, dan Olimpiade.

d.      Lomba Kesenian Daerah dan Nasional.

3.      Meningkatkan kesejahteraan pendidik dan tenaga kependidikan.

 

  1. Analisis SWOT:

Kekuatan/Keunggulan Sekolah (S = Strengh), Kelemahan/Kekurangan Sekolah

(W =Weakness), Peluang/Kesempatan Sekolah (O = Opportunity) dan Ancaman Terhadap Sekolah (T = Threat).

 

No

Level

Kekuatan

Kelemahan

Peluang

Ancaman

1

2

3

4

5

6

1.

Kelas

-    Penjaringan siswa baru melalui Nilai UN.

-    Kesadaran siswa untuk hadir di sekolah.

-    Jumlah siswa setiap kelas sangat memadai.

-    Dukungan moral dari orang tua cukup tinggi.

-    domisili siswa jauh sedangkan sarana transportasi sangat kurang

-    motivasi belajar siswa rendah

-    minat melanjutkan pendidikan tinggi rendah

-     

-   peningkatan kedisiplinan

-   peningkatan pelayanan bimbingan karir

-   peningkatan pengembangan minat dan bakat melalui kegiatan ekstra kurikuler

-    pengaruh tindakan indisipliiner

-    pelanggaran terhadap disiplin dan tata tertib

-    kian berkurangnya siswa yang melanjutkan ke jenjang pedidikan tinggi

2

Profesi

-    kualitas guru 78% memadai

-    kualitas guru memadai

-    kerjasama antar tenaga pendidikan relatif baik

 

-    profesionalisme tenaga kependidikan kurang

-    ada beberapa mata pelajaran yang diajar oleh guru yang berbeda disiplin ilmunya

-   peningkatan kemampuan profesional tenaga

-   pelatihan  KTSP

-   peningkatan etos dan disiplin kerja

-    penurunan sikap profesional guru

3

manajemen

-    pembagian jam tugas relatif merata

-    kerja sama dengan komite sekolah baik

-    kerja sama dengan masyarakat dan orang tua baik

-    sikap keterbukaan mengelola sekolah

-    partisipasi masyarakat cukup baik

-    efektifitas kerjasama dengan masyarakat masih kurang

-    kekurangan sumber dana pendukung guna peningkatan mutu pendidikan

-    antara beban tanggung jawab dan kesejahteraan belum seimbang

 

-   peningkatan peran serta warga sekolah

-   menggali sumber dana yang tidak mengikat

-   meningkatkan kesejahteraan tenaga pendidikan

 

-    tidak siap melaksankan tugas karena kurang profesional

 

4

Sarana / prasarana

-    Belum tersedianya ruang belajar.

-    Belum tersedianya sarana dan pra-sarana penunjang KBM berupa Laboratorium dan sebagainya.

-    lahan kosong cukup luas

-    sarana pendukung ekstrakurikuler masih kurang

-   Pembuatan ruang belajar

-   Pembuatan sarana KBM

-   Pengadaan koleksi perpustakaan

-   pengadaan ruang praktek komputer

-   pengadaan ruang dan sarana laboraturium

-    pelaksanaan KBM tidak bervariasi

-    motivasi dan kreativitas tidak berkembang

-    prestasi tidak terpacu

 

 

 

5.      Alternatif Langkah-langkah Pemecahan Masalah

a.         Untuk mencapai daya serap materi pelajaran hingga rata-rata kelas 65%, peningkatan pembelajaran melalui:

1)   Pelaksanaan Piloting Kurikulum 2013.

2)   Profesionalisme guru ditingkatkan melalui kegiatan MGMP tingkat Kabupaten.

3)   Motivasi belajar ditingkatkan melalui program remidial dan pengayaan

4)   Layanan BK,  baca buku  ditingkatkan

b.        Pengembangan sekolah dicapai melalui :

1)   Kerja sama dengan orang tua dan masyarakat ditumbuh kembangkan

2)   Kerjasama dengan instansi terkait dan Dinas Pendidikan  ditingkatkan

3)   Merintis kerjasama dengan pengusaha terdekat dan dunia kerja

c.         Pembinaan kegiatan ekstra-kurikuler:

1)   Kemampuan dan ketrampilan Kesenian Daerah

2)   Kemampuan dan keterampilan Tari tarian Daerah.

3)   Kemampuan dan ketrampilan Volly-ball.

4)   Kemampuan dan ketrampilan Sepak bola.

5)   Kemampuan futsal

6)   Pencak silat

7)   Kelompok Paskibra yang handal

8)   Kepramukaan

9)   Rohis (Islam)

 

d.        Suasana  belajar yang kondusif

1)   Pembinaan keimanan dan ketaqwaan

2)   Meningkatkan lingkungan yang aman dan nyaman

3)   Meningkatkan solidaritas, saling menghormati dan menghargai

4)   Meningkatkan kesejahteraan tenaga pendidik.



Rate This Article

Thanks for reading: Profil SMAN 2 Menggala, Sorry, my English is bad:)

Getting Info...

Post a Comment

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.